Minggu, 29 Januari 2017

Cara Mudah Menulis Konten Kreatif di Blogmu




Anda kenal dengan Langit Amaravati? Atau tidak asing dengan pemilik blog www.langitamaravati.com? Atau berdasar kolom-kolom komentar yang akhir-akhir ini saya satroni, beliau kerap disapa Mbak eL, Chan, Teteh, dan yang lain. Jika belum, saya sarankan untuk berkenalan dan silaturahim ke alamatnya. Dalam dunia nyata, mengenal berarti mengetahui kepribadian si A sampai detail kesehariannya, sedangkan di dunia persilatan blogspot dan sejenisnya, maka mengenal artinya mengetahui seluk-beluk, tindak-tanduk si blogger B sejak lama, di luar sudah pernah bertemu bertamu atau belum: entah itu postingan bertajuk tip ala-ala atau ulasan cerita hidupnya. 








Tempo hari, saya baru saja membuka sebuah laman yang berisikan nama-nama pemenang lomba blog suatu event. Yah, patah hati lagi! Tidak ada nama saya tertera di sana. Jari-jari kecil ini kemudian penasaran siapa gerangan blogger-blogger yang terpincut hati juri. Saya dapatkan tulisan atas nama Langit Amaravati. Sebagus apa sih? Sekeren apa sih? Seganteng apa sih? *eh gimana.
Gegas saya cermati setiap paragraf dari awal. Ah, kisah-kisah dramatik. Ditambah lagi diselipkan infografik yang menarik. Hati saya tertohok. Kagum sekaligus meresahkan. Jauh sebelum membaca blog si pemenang pertama ini, saya adalah si amatiran yang tidak tahu diri, yang kerap mengumpat dalam hati atas ketidakadilan karena ‘kelebihan’ desain grafis yang mereka miliki.
Dan inilah yang mengejutkan saya, ternyata di luar sana ada seorang yang berusaha menjadikan ‘kelebihannya’ bukan hanya untuk mewujudkan tulisan sebagai investasi, melainkan agar bisa mengisi perut sehari-dua hari. Si penulis pernah selama berbulan-bulan tidur beralaskan sleeping bag pinjaman, tanpa pekerjaan tetap untuk bayar setiap tagihan, tanpa punya kepastian bagaimana caranya bertahan. Saya semakin terhipnotis, semakin ingin tahu: setelah ini apa lagi.
Jika saya adalah mahasiswa pas-pasan yang menulis hanya saat ‘ingin’, maka ada seorang di luar sana yang setiap harinya harus mampu ‘oper gigi’ dari desainer, ke blogger, ke ibu sekaligus ayah. Jika saya adalah blogger amatiran yang malas membersihkan debu di blognya, maka ada blogger sungguhan di luar sana yang sudah sulit menafkahi hidup, masih sempat menepi untuk berbagi.








Berawal dari patah hati, ada sesuatu yang semakin lama semakin terpupuk. Ternyata begini rasanya jadi juri jika sudah ‘jatuh hati’. Saya semakin tertarik untuk menyusuri postingannya yang lain, membaca luka lama dan ketar-ketir hidup yang dulu rapuh. Ada yang berusaha tegar menghadapi lika-liku, ada yang menekuk dan berusaha tanpa menjadi patah. Baru saya sadari kalau mata ini sudah ikut berkaca-kaca, tertampar dengan kisah yang tadinya dikira melodrama. Berawal dari patah hati, tulisan Langit Amaravati telah mengubah impresi-impresi saya yang salah, melucuti ego yang kerap menghakimi tanpa iba. Menulis bagi saya adalah saya dalam dua hal: sedang bahagia-bahagianya, atau sedang sedih-sedihnya. Tapi ada orang lain yang hanya dengan bersama kata-kata, dia bernyawa. Ada yang berusaha menyembuhkan dan berdamai dengan trauma masa lalu hanya dengan menulis. Sakral sekali. 
Dan pada akhirnya saya menerima dengan legowo, rasanya ini fair, dalam satu tulisan terdapat paket lengkap: konten sekaligus visualisasi yang kreatif, pembaca bisa dengan mudah menginterpretasikan tulisan. Lagi pula kata Deddy Huang, menulis blog sekarang bukanlah seperti saat lima tahun silam atau lebih kepada apa yang dilihat adalah murni tulisan saja. Relevansi untuk saat ini sudah bergeser di mana porsi tulisan sudah tidak besar lagi, namun menjadi poin tambahan jika di dalamnya terdapat infografik yang menarik.  









Omong-omong soal tulisan berpaket lengkap, banyak blogger yang mengupayakan tulisannya dengan edit-mengedit desain agar lebih menarik. Saya sendiri punya versi berbeda untuk memperkaya tulisan, walaupun nggak lebih baik dari mereka, sih. Soalnya kemampuan desain saya juga masih di bawah rata-rata hehe. Kualitas tulisan tetap nomor satu, tetap jadi hal penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Ada banyak blogger di luar sana yang bertahan karena kualitas tulisannya, butuh usaha keras untuk bisa menetaskan tulisan-tulisan layak baca. Sekarang pun, saya masih terus belajar untuk bisa menyajikan tulisan yang tidak ‘asal jadi’. Teknik-teknik penulisan EYD menjadi salah satu perhatian utama. Untuk urusan ini, jangan sampai jera ya! Nah, untuk bisa menghasilkan tulisan berpaket lengkap: konten dengan tampilan visual yang kreatif, tentu butuh proses yang tidak instan. There is no secret for konten kreatif ala saya sih sebenarnya, tapi bolehlah berbagi sedikit. Monggo kalau mau mampir hihi.

Pertama, editing foto. Jika dirasa mendesain ini itu akan memakan banyak waktu, maka ada pilihan lain yang juga bernilai. Edit fotomu! Bagi saya pribadi, tidak perlu editing yang sampai bleh-bleh-bleh, pencahayaan cukup mempengaruhi kualitas fotomu kok. Oh ya, agar meyakinkan pembaca kalau fotomu itu bukan KW alias ori, sertakan namamu di salah satu bagian foto yang terlihat mencolok namun tidak mengurangi makna gambar. Seperti ini nih. 

Berbicara soal edit foto, saya suka memadukan antara satu foto dengan foto lain, atau ditambah gambar dan tulisan. Editing ini dilakukan agar dalam satu waktu, pembaca bisa dengan mudah menginterpretasikan 2-3 kondisi berbeda namun masih pada frame yang sama. Pembubuhan tulisan dilakukan untuk memperjelas konten, sedangkan penambahan gambar lain akan menunjukkan respon dari konten tersebut. Begini misalnya:

Kedua, poin-poin. Saya selalu membiasakan diri untuk menuliskan poin-poin dalam menjelaskan sesuatu. Agar tidak monoton, jadikan poin-poin tersebut ke dalam satu desain menarik. Selain mempermudah, ini juga akan efektif supaya pembaca tidak melewatkan poin penting yang hendak disampaikan. 


Ketiga, animasi. Entah kenapa, selain foto, saya selalu suka ada animasi. Beberapa kali tulisan yang pernah saya publish, ada animasi yang menunjukkan percakapan berujung pada kesimpulan. Oh ya, background yang saya pilih selalu putih, alasannya sederhana: biar nggak keliatan banget kalau ada editan yang masih kasar huehehehe.

Dan terakhir, video. Ini bisa jadi pilihan terakhir kalau kamu benar-benar niat ingin memperkaya tulisanmu, butuh proses yang panjang untuk urusan edit-mengedit video. Dengan adanya video, penjelasan materi di blogmu lebih terbayang oleh pembaca dan tentu saja lebih menarik. Apalagi jika pengunjung blogmu pada dasarnya lebih suka menonton. Berhubung belum jago edit video, ‘Perjalanan Sebentar’ merupakan hasil karya dari seorang teman. Dan itu adalah video pertama saya yang ada di blog, mudah-mudahan akan ada video kedua-ketiga-dan seterusnya ya hehe. 

Oh ya, software yang saya gunakan biasanya dan emang itu yang bisa adalah photoshop. Sudah kerasan sama software satu ini. Teman-teman yang jago pasti udah lama beralih ke Corel dan aplikasi lain ya? Salute! 
ASUS dari dulu emang bikin betah
Di luar dari tips-tips di atas, jadilah berbeda dan yang pasti jadi dirimu sendiri! Jangan terpaku dengan desain orang lain, yakinkan dirimu bahwa versimu tidak kalah dengan tetangga sebelah. Satu lagi nih, jika ide buntu saya kerap mengunjungi situs freepik.com yang isinya template-template unik untuk desain. Mungkin versi saya bisa sedikit membantu teman-teman yang ingin mengawali tulisannya dengan konten kreatif.  Selamat berkarya! 










Proses yang tidak instan, edit-mengedit konten berulang-ulang hingga berjam-jam di depan laptop membuat saya membutuhkan ‘senjata’ yang mumpuni. Alangkah baiknya jika saja ada ‘senjata’ yang dapat mendukung aktivitas saya saat blogging. Tentu yang dibutuhkan tidak sekedar sebuah perangkat dengan desain yang stylish, tapi juga memiliki kehandalan dan performa yang tinggi. Seperti halnya tulisan, ‘senjata’ yang kita gunakan pun seyogyanya berpaket lengkap. Tapi saya jadi tidak khawatir, karena saat ini ASUS telah menyuguhkan sebuah perangkat komputer mobile bernama ASUSPRO Essential P2430 yang dihadirkan untuk menemani para blogger dalam setiap kegiatannya.



ASUSPRO P2430U hadir dengan kinerja terbaik dengan menggunakan prosesor mutakhir dari Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Selain itu, prosesor seri ini juga menawarkan efisiensi energi yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya. Mau berjam-jam mengedit pun, efisiensi energi tetap terjaga! Ditambah lagi adanya dukungan grafis Nvidia GeForce 920M berbasis arsitektur Maxwell yang memiliki performa grafis mumpuni akan memudahkan proses pembuatan konten kreatif dalam blog. Gimana? Mendukung banget kan?

Alangkah indahnya jika saja berpuluh-puluh file gambar, foto resolusi tinggi, animasi dan video ukuran besar dapat ditampung dalam satu wadah sehingga dapat memudahkan pekerjaan. Tapi rupanya si ASUSPRO Essential P2430U tidak hanya punya memori utama DDR4 sebesar 4GB yang terpasang, tapi juga bisa ditambah kapasitasnya! Sebanyak 2 slot memori yang tersedia bisa menampung RAM hingga sebesar 16GB. Yipiyy! Produktivitas mobile jadi tidak terhambat, karena tidak perlu lagi repot menghapus atau menyimpan file di perangkat lain seperti hardisk.
Bekerja dengan efisien
Berbicara soal file, saya yang suka menangkap momen dari kamera untuk dijadikan bahan konten, sesekali merasa kalau teknik transfer data bukan hal yang efektif. Mengirim file melalui email kerap menjadi alternatif. Kalau si ASUSPRO P2430U justru punya USB 3.0  yang kecepatan transfer datanya 10 kali lipat lebih cepat dibanding USB 2.0 dalam notebook pada umumnya. Tidak hanya itu lho, salah satu port USB 3.0 juga mendukung USB Charger+ untuk memudahkan kita melakukan charging gadget. Alangkah baik dan indah ya?










Kelihatannya produk-produk Asus yang didukung oleh processor Intel ini bisa banget untuk mengembangkan konten kita sehingga menjadi lebih menarik ya. Buktinya aja, ASUSPRO P2430U  bikin nyaman saat kita lagi blogging. Kenapa? Jelas karena dilengkapi sebuah one-piece Chiclet keyboard dengan penempatan tombol yang presisi dan travel distance sekitar 2,3mm. Jadi bikin betah nggak, sih?
Keyboard super nyaman
Berlama-lama di depan layar sering bikin mata lelah? Eits, jangan khawatir. Si notebook satu ini dilengkapi fitur anti glare agar layarnya semakin nyaman dipandang mata, jadi  tidak memantulkan bayangan khususnya dari belakang pengguna! Dengan tekstur brushed-hairline aluminum pada body notebook, ASUS masih menambahkan lapisan scratch-resistant coating pada panel LCD-nya. Bisa betah nih ceritanya kalau mendesain pakai ASUSPRO!
Desain Stylish
Tidak seperti notebook pada umumnya, ASUSPRO P2430U memiliki desain solid, profesional namun tetap elegan. Posturnya yang tipis dengan balutan warna gelap juga mendukung kebutuhan penggunanya akan style dengan cita rasa tinggi. Apalagi ditopang dengan desain casingnya yang mantap. Kerja beres, style tetap oke!

Ke mana-mana bawa laptop? Jangan ditanya, laptop sudah menjadi ‘nyawa’ kedua saya. Sering kali ide datang di saat yang tidak terduga, butuh laptop yang siap sedia untuk menuangkannya, sementara saya adalah tipe yang kesulitan jika harus menulis di smartphone. Mereka yang dapat melakukannya menjadi pertanyaan besar bagi saya. Kok bisa? Bobot yang berat terkadang menjadi pertimbangan untuk membawa si laptop atau tidak. Tapi don’t worry! ASUSPRO P2430U yang didesain secara ergonomis memiliki ketebalan yang hanya 2,3 sampai 2,6cm lho, sehingga bobot relatif ringan: hanya 1,95Kg!

Nah, satu lagi nih yang bikin betah. ASUSPRO P2430 pun telah dilengkapi dengan berbagai teknologi terbaru untuk mendukung aktivitas pengguna. Dengan dilengkapi berbagai fitur keamanan yang terpasang pada hardware dan sistemnya, ASUS punya sistem keamanan yang diatur melalui aplikasi ASUS Business Manager. Cukup hanya dengan menyetel fitur Security. Mudah kan? Kalau takut hasil kerja kita dicuri oleh orang lain, kita juga bisa mengunci fungsi USB dengan password lho, harddisk dapat di-lock menggunakan password dengan cara mengaktifkan fitur HDD user password protection. Data akan aman sentosa~


Blogging saat ini tidak hanya tentang menulis, namun tentang membuat konten kreatif dengan tampilan visual yang menarik perhatian pembaca. Nah, tentunya untuk menghasilkan suatu konten yang kreatif, harus pula didukung oleh laptop yang mumpuni. ASUSPRO P2430 bisa bikin betah siapa saja yang mau blogging! Bikin tulisan jadi punya paket lengkap.

Melihat sajian Mbak eL dalam tulisannya, semangat saya makin memburu untuk belajar blogging. Katanya, www.langitamaravati.com adalah sebuah kotak Pandora, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan kita temukan di dalamnya: ambil apa-apa yang berguna, buang sepah dan bisanya. *noted*
Pernah saya terpikir untuk menuliskan dalam lembar blog tentang siapa-siapa saja yang pernah menginspirasi, tapi hingga kini tak pernah terealisasi dan hanya dijejalkan dalam kepala sendiri. Akhirnya, saya menuliskan nama Langit Amaravati. Entah siapapun pemilik nama ini, terima kasih! Karena berawal dari patah hati, saya malah jadi jatuh hati hehe.


Regards,
Onix Octarina 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.
*Sumber: http://bloggerperempuan.com/asuspro-p2430u/

17 komentar:

  1. Aku tercengang, ternyata Asus device yang bagus ya. jadi pengen beli biat bisa blogging terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooopz apalagi yg suka edit video. Sangat membantu Mas Pril:)

      Hapus
  2. Asus memang sudah menawarkan fasilitas dan teknologi yang dapat memuaskan penggunannya. Saya salah satu pengguna asus

    BalasHapus
  3. Saya lihat2 memang kinerja Asus sejauh ini cukup bagus, tidak lemot dan cocok untuk kaum mahasiswa yang butuh software2 dengan memori yang tidak sedikit. Disamping itu dengan modelnya yang stylish pula. Cakep dah Asus.

    BalasHapus
  4. Emang penting nih buat kita bisa nuangin ide-ide kreatif menulis di laptop yang pilihan. Cuma kalau laptopnya udah canggih ide gak ngalir kan gak asik juga.

    Kalau aku lebih suka laptop ukuran 11 inch saja supaya portable di bawa kemana saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mobilitas tinggi ya, Mas? Jadi laptop mesti standby kemana-mana, hehe

      Hapus
  5. Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih :)

    BalasHapus
  6. pemilihan kalimatnya keren deh, pantas saja pecinta diksi...
    untuk asus memang jodohnya blogger deh :)

    BalasHapus
  7. Such a nice blog to visit! Salam kenal :)

    BalasHapus
  8. Rangkaian kalimat yang indah~ jadi usil pengen baca semua isi blog nya
    setuju deh, asus emang pilihan yang pas jadi "teman" yang bisa dibawa kemana-mana

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.