Jumat, 24 Februari 2017

Eskapis ke 21 tempat seru yang bisa menikmati Sakura di Jepang




Jika bagi banyak orang: ingin pergi menikmati Bigben tinggal pesan tiket, ingin mampir ke wisata eksotis tidak harus babibubebo, maka bagi saya: semua harus ada usaha, tak bisa hanya mengiba ini itu pada orangtua.
Jika bagi banyak orang: ingin sekolah di NY tinggal terima beres, ingin keliling Istanbul cukup berpindah langkah, maka bagi saya: semua harus ada jerih lelahnya, tidak semudah ingin menyebut A atau B.
Lagi pula jika semua serba mudah, tak akan ada yang namanya ‘usaha berbuah manis’, tak ada ratap tangis karena sebuah gagal yang kelak mendewasakan, tak ada lagi keadaan yang mendesak untuk bersyukur.
Jika bagi banyak orang mimpi bisa ditawar, maka bagi saya mimpi adalah upaya. Tak ada upaya, maka tak ada mimpi. Bahkan jika rasanya upaya sudah ditakar mencapai utuh, belum tentu sebuah mimpi bisa tunai didapat. Tidak peduli seberapa besar energi yang telah habis, atau berapa banyak yang masih tersisa, yang jelas bermimpilah selama kau masih dapat bermimpi. Seperti kata Agustinus, tidak masalah seberapa lambat kau berjalan, yang penting jangan sampai kau berhenti.
Saya, yang tidak akan pernah berhenti memimpikan Jepang tepat 5cm di depan mata.
Saya, yang tidak bisa menghapus pesona Sakura begitu saja yang mengelana liar di kepala.  

Haru ga kita (春が来た)
(Musim semi tiba)

Doko ni kita (どこに来た)
(Di mana datangnya?)

Doko ni saku (どこに咲く)
(Di mana dia bermekaran?)
日本
HOW AMAZING SAKURA
Jika ditanya apakah daya tarik musim semi di Jepang, tentu Sakura. Jika berlama-lama melihatnya bisa bahaya, terpesona kau dibuatnya. Sakura () bersama dengan bunga seruni, merupakan bunga nasional Jepang yang mekar pada musim semi, yaitu sekitar akhir Maret hingga akhir Juni. Secara umum Sakura digolongkan dalam subgenus Sakura. Asal-usul kata "Sakura" adalah kata "saku" (bahasa Jepang untuk "mekar") ditambah akhiran yang menyatakan bentuk jamak "ra". Dalam bahasa Inggris, bunga Sakura disebut cherry blossoms (dikutip dari wikipedia).

Bunga berwarna merah muda lembut yang ditanam di banyak tempat seperti di taman, di sisi jalan, di gunung, atau di sisi sungai ini, akan mekar secara bersamaan pada satu fase. Setiap tahun, periode mekarnya bunga Sakura berbeda, tergantung pada suhu udara. Namun pada umumnya, Sakura di daerah selatan mulai mekar minggu ketiga di bulan Maret, yang udaranya hangat secara berurutan, pergerakan mekarnya bunga Sakura ini disebut Sakurazensen. Kemudian diikuti oleh Sakura yang berada di daerah di atasnya dan terus sampai ke utara. 
Sakura Season
(Image source: http://his-travel.co.id)

Terdapat standar untuk menyampaikan informasi tingkat mekar bunga Sakura di Jepang, mulai dari terbukanya kuncup bunga (kaika), mekarnya 10% dari kuncup bunga yang ada di pohon (ichibuzaki) sampai bunga mekar seluruhnya (mankai). Bunga yang rontok segera digantikan dengan keluarnya daun-daun muda. Pohon Sakura yang bunganya mulai rontok dan mulai tumbuh daun-daun muda sebanyak 10% disebut ichibu hazakura. Sementara itu, pohon Sakura yang semua bunga sudah rontok dan hanya mempunyai daun-daun muda disebut hazakura (Sakura daun).
Sakura
(Image Source: yokosojepang.com)
Jepang merupakan negara maju yang tak pernah meninggalkan tradisi, selalu ada elemen-elemen tradisional dalam kehidupan masyarakatnya, termasuk bunga Sakura. Sakura seperti terintegrasi dengan semua elemen kehidupan masyarakat Jepang; dalam sastra, film modern, bahkan makanan! Bagi orang Jepang, Sakura merupakan simbol penting, yang kerap kali diasosiasikan dengan perempuan, kehidupan, kematian, serta juga merupakan simbol untuk mengeksperesikan ikatan antarmanusia, keberanian, kesedihan, dan kegembiraan. Sakura juga menjadi metafora untuk ciri-ciri kehidupan yang tidak kekal.

Boleh dibilang, kecantikan Sakura bukan hanya saat mekar, tapi juga dapat dinikmati saat kelopak bunganya beterbangan seperti salju yang sedang turun. Selain itu, bukan hanya siang hari, Sakura juga dapat dinikmati pada malam hari atau yang biasa disebut Yozakura. Perpaduan antara warna putih samar-samar dan merah muda lembut dari bunga Sakura yang terkena sorot lampu dengan gelapnya langit malam akan memberikan kesan indah tersendiri bagi yang melihatnya. Kebayang kan seperti apa pesonanya? 
Sakura Mekar
(image source http://liburankejepang.com)

TEMPAT PALING PAS MENIKMATI PESONA SAKURA
Sakura memang dapat dilihat di berbagai sudut di Jepang saat musim semi, tetapi alangkah indahnya jika kita dapat menikmati objek yang indah ini di tempat yang paling ‘pas’ saat Wisata ke Jepang. Di mana aja sih tempat yang dimaksud?

1. Taman Sewaritei, Kyoto
Taman Sewaritei berlokasi di Kota Yawata, tepat di antara Kota Kyoto dan Osaka. Taman ini menunjuk pada area terbuka yang menjadi pertemuan sungai utama Kyoto dan Osaka, yakni Sungai Yodo (yang juga melewati Kota Osaka) dan Sungai Kizu. Di area terbuka di pinggir sungai ini, kita bisa menjumpai deretan pohon bunga Sakura mirip-mirip seperti Kawazu Sakura di Semenanjung Izu yang terkenal. Ada 250 pohon bunga Sakura di jalan sepanjang 1,4 kilometer. 

How to go to Sewaritei'S Park

Taman Sewaritei sangat mudah diakses, hanya berjalan kaki 10 menit dari stasiun terdekat yakni Yawata Station di jalur kereta Keihan. Begitu sampai di Yawata Station, tidak perlu bingung harus jalan ke arah mana, cukup mengikuti orang-orang yang pergi ke arah pinggir sungai yang melihat deretan bunga Sakura. Nantinya di ujung jalan kita bisa melihat deretan bunga Sakura yang berbaris memanjang di sepanjang pinggir sungai. Semua ongkos transportasi keretanya gratis dan tercover oleh Keihan Kyoto-Osaka Sightseeing Pass, tidak ada biaya yang perlu dibayarkan.
Tempat yang ‘pas’ banget kan buat menikmati Sakura sepanjang hari? Kalau ke sini, jangan lupa bawa kameramu untuk berfoto dengan latar belakang Sakura dan langit biru yang cerah ya!

Sakura di Taman Sewaritei 
(image source http://www.infojepang.net)

2. Philosopher’s Path, Kyoto
Keindahan bunga Sakura yang mekar juga dapat dinikmati di ibukota budaya Jepang, Kyoto. Tempat paling menarik untuk menikmati bunga Sakura adalah dengan jalan-jalan sepanjang Philosopher’s Path. Ini merupakan sebuah jalan yang menghubungkan beberapa kuil kuno di timur Kyoto. 
Philosopher’s Path
(image source: Japan Guide)
Letaknya ada di antara Ginkakuji Temple dan Nanzenji Temple, Philosopher’s Path sepanjang tiga kilometer ini dipenuhi dengan pohon Sakura di kanan dan kirinya. Sehingga pada musim semi seperti ini melintasi jalan ini seperti berada di lorong bunga Sakura yang cantik. Dinamakan Philosopher’s path karena dahulu jalan ini selalu dilalui oleh seorang filsuf Jepang bernama Nishida Kitaro.

How to go to Philosopher’s Path

3. Kuil Daigo-ji, Kyoto
Pada musim semi tahun 1598, Toyotomi Hideyoshi yang merupakan orang paling berpengaruh saat itu, menyelenggarakan “Hanami Daigo” di area kuil Buddha ini. Kuil yang terkenal dengan 1000 pohon Sakuranya saat ini setiap tahun pada hari Minggu kedua di bulan April, mengadakan “Houtai Kou Hanami Gyoretsu” atau parade Hanami Toyotomi Hideyoshi. Kegiatan tersebut dianggap sebagai salah satu warisan budaya dunia, di sini terdapat berbagai jenis Sakura bersemi. Biasanya saat Festival Hanami berlangsung, kita akan melihat banyak kerumunan pengunjung yang datang.


Kuil Daigo-ji
(image source: www.jalan2kejepang.com)

Kuil Daigo-ji terletak 15 menit berjalan kaki atau naik bis (¥ 200, 30 menit) dari stasiun Daigo. Kuil ini juga mudah diakses, dari Stasiun Kyoto, ambil jalur kereta api JR ke stasiun Yamashina (5 menit, ¥ 190). Setibanya di stasiun Yamashina, cukup berpindah ke kereta subway Tozai sampai stasiun Daigo. Dari stasiun Daigo tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit sampai pintu gerbang utama Kuil Daigo-Ji.


How go to Kuil Daigo-ji

4. Sungai Meguro, Tokyo
Di tempat turisme populer yang membentang hingga sejauh 4km ini, bunga Sakura bisa ditemukan di kedua sisi sungai. Ada banyak kafe dan toko di sepanjang Sungai Meguro, jadi wisatawan yang sedang liburan bisa berbelanja sambil menikmati pesona Sakura di waktu yang bersamaan. Di malam hari, lentera keras menyinari sepanjang sungai dan seperti menciptakan suasana dunia yang berbeda. 

Meguro, Tokyo
(image source: Travel Rakuten)

Cherry Blossoms along Meguro River
(Source: Japan Travel)

5. Taman Chidorigafuchi, Tokyo
How to go to Chidorigafuchi Park
Taman ini merupakan salah satu situs utama bunga Sakura di Kota Tokyo. Terletak di antara Chidorigafuchi (sebelah barat Istana Kaisar) dan Kedutaan Besar Inggris, memiliki sekitar 170 jenis bunga Sakura antara lain Sakura Yoshino dan Sakura Yamazakura. Selama festival tahunan bunga Sakura, jalanan di Chidorigafuchi diterangi oleh pemandangan yang luar biasa; juga disediakan perahu bot untuk berlayar di malam hari.

Chiyoda, Tokyo
(image source: Travel Rakuten)

Keindahan Chidorigafuchi
(image source: http://www.japan-talk.com/)

Taman Chidorigafuchi Saat Malam
(image source: Common Wikimedia)

6. Kebun Rikugien, Tokyo
Sorotan dan simbol utama Rikugien adalah pohon weeping cherry setinggi 15 meter dan selebar 20 meter; melihat daun bunga merah mudanya mengalir dan mengambang seperti air terjun menjadi sesuatu yang harus dilihat. Penerangannya yang dinyalakan dalam waktu terbatas juga indah, lho!

Bunkyo, Tokyo
(image source: Travel Rakuten)

Yozakura in Rikugien Garden
(Source: Japan Travel)

1    7.  Taman Ueno, Tokyo
Terkenal sebagai destinasi untuk melihat bunga Sakura sejak zaman Edo (1603-1868), Taman Ueno diyakini oleh banyak orang sebagai lokasi penghabisan untuk menikmati bunga Sakura di Tokyo. Pohon-pohon Sakura ini tumbuh di sekitar kolam Ueno yang memiliki luas sekitar 2 kilometer. Tradisi untuk mengagumi bunga Sakura di malam hari masih menjadi ajang yang populer di musim semi, yang diterangi oleh 1.300 lentera kertas.
How to go to Ueno's Park
Selain itu, terdapat makam kuno yang menjadi situs bersejarah prefektur di dalam taman ini. Pada malam hari saat Festival Sakura Shobara Ueno yang diadakan setiap bulan April, jembatan merah yang terbentang di atas kolam dan juga lampion akan semakin membuat bunga Sakura terlihat menawan di malam hari.

Taito, Tokyo
 (image source: Travel Rakuten)

8. Taman Yoyogi, Tokyo
How to go to Yoyogi's Park

Meski berada di tengah perkotaan Tokyo, Taman Yoyogi merupakan tempat yang sunyi dan paling pas untuk bersantai. Taman ini menyuguhkan berbagai macam varietas bunga Sakura, di mana tunas pertamanya tumbuh pada Februari. Hiburan yang populer di tempat ini berupa piknik di atas tanah sambil menghabiskan waktu mengagumi bunga-bunga yang sedang mekar. Asik banget ya kalau bareng keluarga?

Shibuya, Tokyo
 (image source: Travel Rakuten)

9. Sumida Park, Tokyo
Taman Sumida terbentang di kedua sisi Sungai Sumida, lebih tepatnya berada di antara dua jembatan, yaitu Jembatan Sakurabashi dan Jembatan Azumabashi. Lokasi ini sudah terkenal sebagai salah satu tempat untuk menikmati Festival Bunga Sakura Mekar sejak zaman Edo, dimulai saat masa pemerintahan Shogun ke-8, Tokugawa Yoshimune.

How to go to Sumida Park
(Source : myaukun.wordpress.com)

Di taman ini disediakan jalur untuk pejalan kaki agar wisatawan dapat menikmati keindahan bunga Sakura dari dekat. Sepanjang jalan di tepi sungai ini berjajar sekitar 640 pohon Sakura yang memanjakan mata pengunjung. Sedangkan permukaan sungai ini diwarnai oleh bunga Sakura yang membentang hingga 1km. Naiklah perahu bot di Sungai Sumida untuk melihat pepohonan Sakura yang elegan di kedua sisi sungai, sebagai bagian dari kolaborasi dengan Tokyo Skytree ®. Pemandangan yang indah, bukan?

Sumida dan Taito, Tokyo
(image source: Travel Rakuten)

Sumida, Tokyo di Malam Hari
(image source: Japan Toulist)
Tidak hanya saat siang, pemandangan indah juga dapat dinikmati di malam hari dengan melihat pantulan cahaya lampu-lampu malam sambil duduk-duduk di bawah pohon Sakura yang sedang bermekaran. Ditambah lagi kalau kita membawa bekal dan matras saat pergi ke tempat ini. Ide yang bagus, bukan?

       10.Taman Inokashira, Tokyo


How to go to Inokashira
Dengan Telaga Inokashira di tengah-tengahnya, taman ini memiliki 500 pohon Sakura yang tersebar di areany, indah luar biasa pada masa mekar penuh. Di taman ini kita bisa  menyewa perahu bot kecil untuk melihat daun bunganya yang berguguran. Pemandangan bunga Sakura yang mendarat di permukaan air yang bisa dilihat dari Jembatan Nanai membuat siapapun bisa merasakan angin musim semi di Jepang.

Musashino, Tokyo
(image source: Travel Rakuten)

11. Taman Asukayama, Tokyo
Diabadikan sebagai salah satu dari cetakan kayu dalam artis legenda ukiyo-e Hiroshige "100 Pemandangan Terkenal di Edo", Taman Asukayama Park adalah salah satu tempat tertua untuk melihat bunga Sakura, di mana sebagian dari ratusan pohon Sakuranya sudah tumbuh sejak abad ke-18. Tempat ini populer sebagai tempat piknik serta tempat untuk melihat pemandangan di malam hari, di mana bunga Sakura disinari oleh cahaya lampu.
Kita, Tokyo
 (image source: Travel Rakuten)

How to go to Asukayama Park
(Source: www.papermuseum.jp)

      12.  Taman Shiba, Tokyo
Bahkan Menara Tokyo pun diwarnai oleh bunga Sakura, sehingga membuatnya tampak lebih cantik. Tempat ini populer di kalangan pekerja kantoran sebagai tempat berkunjung di sepulang kerja di malam hari. Pemandangan bunga Sakura dan Menara Tokyo yang menghiasi Tokyo bisa dinikmati di malam hari.

Minato, Tokyo
(image source: Travel Rakuten)

      13. Shinjuku Gyoen, Tokyo
Shinjuku Gyoen merupakan sebuah taman dengan lebih dari 1000 pohon Sakura dengan 12 spesies yang berbeda. Taman ini berada tidak jauh dari Shinjuku Station, pengunjung hanya butuh berjalan selama 10 menit dari sana. Awal April seperti ini bunga Sakura akan mekar sempurna memanjakan mata wisatawan yang hendak liburan ke taman ini. Ditambah cuaca di Jepang yang sedang cerah tentu akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu dengan bersantai. 

Shinjuku Gyoen
(image source: Japan Guide)

14. Taman Senkoji, Onomichi
Kota Onomichi adalah salah satu kota wisata terkenal di Prefektur Hiroshima. Mengunjungi kuil Shinto, kuil Buddha, dan tempat-tempat bersejarah lainnya, atau pun bersepeda menyeberangi Laut Pedalaman Seto yang indah dengan melewati rute “Shimanami Kaido” adalah kegiatan-kegiatan favorit di sini. Di Kota Onomachi ini, “Taman Senkoji” adalah salah satu tempat yang terkenal dengan Sakuranya.

Kota Onomichi
(image source: Asosiasi Pariwisata Onomichi)
Taman Senkoji ini terbentang dari puncak Gunung Senkoji. Kita bisa melihat pemandangan kota dan juga Laut Pedalaman Seto serta pulau-pulau yang ada di atasnya karena letak taman ini yang berada di ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Saat musim semi tiba, pemandangan akan semakin menakjubkan karena kita bisa melihat aktivitas  Sakura yang bermekaran dari atas taman ini. Kita juga bisa menikmati pemandangan yang indah ini dengan cara yang tidak biasa karena dari stasiun kita akan naik kereta gantung listrik untuk mencapai puncak gunung. Salah satu spot favorit nih!
Untuk akses menuju Taman Senkoji, ada 3 cara yaitu:
- dari Stasiun Onomichi JR jalur utama Sanyo berjalan kaki sekitar 30 menit atau naik bus lalu turun di pemberhentian bus “Nagaeguchi”.
- dari Stasiun Sancho 5 menit menggunakan kereta gantung Senkoji
- dari Stasiun Shin Onomichi JR Sanyo Shinkansen 10 menit sampai tempat parkir Taman Senkoji menggunakan taksi.

15. Taman Utsubuki
Gunung Utsubuki adalah simbol Kota Kurayoshi Prefektur Tottori yang merupakan salah satu dari 100 gunung pilihan Dinas Kehutanan Negara. Di kaki Gunung Utsubuki inilah terdapat tempat yang terkenal memiliki berbagai macam Sakura yang bermekaran, yaitu Taman Utsubuki. Saat malam hari, sekitar 500 buah lampion berbagai ukuran dinyalakan dan kita dapat menikmati pemandangan bunga Sakura malam hari yang sangat menawan. Dengan lokasi yang beralamat di Nakano-cho, Kurayoshi-shi, Tottori-ken, taman ini dapat diakses dari Stasiun Kurayoshi JR jalur utama Sanin sekitar 20 menit naik bus. 

Kota Kurayoshi
(image source: Prefektur Tottori)

16. Taman Hirakiyama
Prefektur Ehime terkenal akan “Dogo Onsen”, yaitu onsen (pemandian air panas) tertua di Jepang. Taman Hirakiyama di Kota Imabari Prefektur Ehime ini terletak di puncak Gunung Hirakiyama yang berada di ketinggian 149 meter di atas permukaan laut. Saat musim semi, dimulai dari Somei Yoshino (salah satu jenis bunga Sakura), sekitar 1000 batang pohon Sakura akan bermekaran.

Taman Hirakiyama
(image source: Divisi Pariwisata Kota Imabari)

Poin utama taman ini adalah podium tempat untuk melihat pemandangan! Kenapa? Karena dari tempat ini, kita dapat melihat Jembatan Hakata-Oshima, Jembatan Omishima, dan Jembatan Tatara. Menariknya, saat musim semi tiba pohon-pohon Sakura menambah indahnya pemandangan jembatan, laut, dan pegunungan. Komplit banget ya?
Selain itu, terdapat sekitar 36 meter perosotan dan panjatan, lho. Jadi buat yang ingin melakukan aktivitas Hanami sambil mendaki, ini adalah tempat yang tepat! Cukup dengan mengakses dari Stasiun Imabari JR jalur Yosan naik bus arah Omishima sekitar 40 menit lalu turun di “Hakatajima Bus Stop”, transfer bus jalur Shima Junkan arah Kitaura lalu turun di “ Kumago” kemudian berjalan kaki sekitar 20 menit, kita sudah bisa sampai di taman ini dengan biaya masuk yang gratis!

17. Taman Ritsurin
Di Prefektur Kagawa yang terkenal akan Sanuki Udonnya, terdapat sebuah taman bersejarah, yaitu “Pemandangan Istimewa-Taman Ritsurin”. Taman ini dibangun pada Zaman Edo dan memiliki sejarah yang panjang. Pada “Nantei” (taman bagian selatan), suasana taman tetap dipertahankan sejak 300 tahun yang lalu. Taman ini ditetapkan sebagai satu-satunya tempat dengan pemandangan istimewa di wilayah Shikoku dengan kekayaan budaya yang berharga. Pada tahun 2009 taman ini mendapat penilaian bintang 3 dari buku panduan pariwisata Jepang “Michelin Green Guide Japan” sebagai “Tempat yang Harus Dikunjungi saat Berwisata”.  
Taman Ritsurin
(image source: Kantor Pariwisata Taman Ritsurin Prefektur Kagawa)

Saat musim semi tiba, pohon Sakura di taman yang memiliki 6 buah kolam dan 13 bukit ini akan bermekaran, sehingga kita bisa menikmati perpaduan keindahan tradisional dan alam di sini. Cukup dengan mengakses dari Stasiun Rintsurin Koen pintu Utara JR jalur Kotoku berjalan kaki sekitar 3 menit atau dari Stasiun Rinsturin JR jalur Kotoku berjalan kaki sekitar 20 menit, kita sudah bisa menikmati matcha sambil mengagumi Sakura, lho. Wajib jadi destinasi wisata tujuan nih!

18. Nishi Park, Fukuoka
Terletak di pusat Kota Fukuoka, taman ini letaknya di bukit dan menghadap ke teluk Hakata. Lebih dari seribu pohon Sakura mekar setiap tahunnya: Someyomoshi, Ooshima Zakura, Yama Zakura, Shidare Zakura dan jenis Sakura lainnya dapat kita temukan di Nishi Park. Bayangkan aja kalau berjalan di jalan setapak di Taman Nishi ini, pohon-pohon Sakura begitu banyak! Bahkan terdapat tempat observatorium, lho. Dari sini kita dapat melihat teluk Hakata, Nokono  Shima, dan Shikano Shima. Kalau menelusuri jalan tangga sampai ke atas taman ini, kita akan menemukan kuil Terumo yang cukup terkenal juga di Fukuoka ini. Jika ingin melakukan hanami di taman ini, disarankan untuk naik kendaraan umum dibandingkan membawa kendaraan pribadi. Atau bisa juga diakses dengan 10-15 menit jalan kaki ke arah utara dari stasiun Ohori Kouen. Selain terdapat fasilitas lain berupa toko dengan jam buka 24 jam, taman ini juga tidak dikenakan biaya masuk alias gratis! 

Nishi Park, Fukuoka
(image source: Japan Tourlist)

My Fukuoka
(image source: Japan Tourlist)

19. Goryokaku Fort, Hokkaido
Ada lagi nih tempat yang tak kalah keren untuk menyaksikan bunga Sakura yang bermekaran, yaitu di pulau Hokkaido tepatnya di Goryokaku Fort. Tempat ini adalah sebuah benteng berbentuk bintang yang telah ditetapkan sebagai situs bersejarah. Benteng ini selesai dibangun 150 tahun yang lalu pada masa Edo.

Goryokaku Fort
(image source: Japan Guide)
Bekas benteng ini kemudian disulap menjadi taman yang cantik di mana sebanyak 1.600 pohon Sakura ditanam di pinggir danau buatan yang menjadikan Goryokaku menjadi tempat terbaik menyaksikan mekarnya bunga Sakura di Hokkaido saat musim semi. Bagi traveler yang tertarik liburan untuk menikmati musim semi di taman ini, bisa mengunjungi Hakodete City, di sanalah Goryokaku Fort berada.

20. Lereng Gunung Fuji
Jika pada umumnya kita melihat pohon Sakura, maka di sini Sakura yang cantik dapat dilihat di Lereng Gunung Fuji dan menyerupai karpet bunga atau biasa disebut Shibazakura. Mengabadikan momen dengan latar belakang 800 ribu bunga berwarna-warni tentu menjadi pengalaman tak terlupakan di Jepang, bukan? Siapa yang ingin melewatkannya? Festival Shibazakura ini biasanya diadakan pertengahan bulan April hingga awal bulan Mei.  
Keindahan Shibazakura
(Image Source: http://www.infojepang.net)
      
      21. Minato, Tokyo
Dedaunan menakjubkan yang ditemukan di jalan di depan teras kebun yang dipenuhi bunga Sakura itu sudah ada sejak beberapa dekade yang lalu yang membentuk terowongan bunga Sakura di musim semi. Mau menikmati keindahan Sakura pun nggak perlu harus ke taman lho, bisa dengan melintasi sepanjang jalan di Minato, Tokyo! Keren juga kan? 

Minato, Tokyo
(image source: Travel Rakuten)

How to go to Minato

Nah, dari 21 tempat paling ‘pas’ yang telah disebutkan, mana yang menjadi tempat favoritmu untuk menikmati pesona Sakura di Jepang? Kalau saya sih semuanya! Hahaha. Tapi ada satu lagi cara yang bisa kita lakukan agar tidak ketinggalan momen romantis saat melewati musim semi, lho. Gimana caranya? Ini dia! Dengan menggunakan salah satu transportasi wisata di Jepang, yaitu Kereta Wisata Sagano. Favorit saya nih!
Kereta yang disebut dengan Sagano Romantic Train atau Kereta Romantis ini dapat menambah asyiknya liburan ke Arashiyama di Kyoto. Hanya dengan membeli tiket seharga ¥620 untuk dewasa dan ¥310 untuk anak-anak, kita sudah dapat menikmati panorama alam sepanjang jalan dengan jalur pendek yang dimulai dari Stasiun Saga Torokko ke Stasiun Kameoka Torokko dan sebaliknya. Rute Kereta Wisata Sagano sepanjang 7 kilometer yang ditempuh dalam 25 menit menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengeksplor Sagano. Dengan melewati lembah, pegunungan, dan sungai besar, maka melihat keindahan Sakura di musim semi pun akan terbayar lunas. 

Kereta Wisata Sagano

Menikmati Sakura dengan Kereta Wisata Sagano
(image source http://www.infojepang.net)

Lalu caranya Wisata ke Jepang gimana? Ya nggak lalu-lalu, sekarang tidak perlu lagi pusing untuk mengatur persiapan A-I-U-E-O dan memastikan perjalanan bisa lancar. Gimana caranya?

GIMANA CARANYA KE JEPANG DENGAN MUDAH
Kalau ke Jepang ala solo traveller, bisa nggak? Padahal saya juga tidak bisa Bahasa Jepang, belum pernah ke sana pula. Jangan khawatir! Ada cara mudahnya! Bagi yang belum tahu, ada agensi travel di Indonesia yang menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan perjalanan wisatamu. H.I.S. Travel Indonesia!
 

Agensi travel ini memudahkan siapa saja yang ingin mengurus perjalanan, apalagi ke Jepang! Jadi jika ingin ke mana-mana menikmati pesona Sakura, tidak perlu repot-repot. H.I.S. Travel and Tour siap membantu kebutuhan babibubebo-mu, bahkan bisa konsultasi sekaligus! Ditambah lagi, travel ini tidak hanya menawarkan tour ke destinasi ke Tokyo saja, tapi juga program tour ke prefektur dan kota-kota lain di Jepang. H.I.S Travel Indonesia juga berbeda dengan travel agent lain, lho! Nggak percaya? Ini dia!



1.    Global Network Mendukung Keamanan dan Kenyamaan
H.I.S. memiliki keunggulan jaringan global yang tersedia di berbagai negara. Dijamin perjalananmu dari reservasi hingga pulang telah didukung oleh sistem terbaik!

2.    Harga Terbaik Langsung dari Cabang Luar Negeri
Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga bersaing dengan agen tour lokal siap memenuhi kebutuhanmu di mana pun dan kapan pun. Pembayarannya pun dimudahkan dengan beberapa opsi pembayaran online, seperti VISA, Master Card, JCB, BCA KlikPay, E-Pay BRI dan Mandiri Click Pay. Jadi tidak harus punya kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Praktis, kan? Nggak heran ya kalau H.I.S. ahli dalam menyediakan pengalaman menyenangkan liburan di Jepang, apalagi saat Sakura mekar! Asik tuh.

3.    Unggul dalam Individual Tour
HIS Travel unggul dalam menyediakan layanan tour yang disesuaikan dengan keinginan peserta tournya. Tim staff yang ramah dan berpengalaman akan membantu mengidentifikasi rancangan itinerary terbaik dan menyusun perjalanan, mulai dari menyiapkan tiket pesawat, hotel, pengurusan visa, pemilihan optional tour, dan juga sewa mobil di tempat tujuan. Wow! Komplit banget ya?

4.    Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
H.I.S. Travel merupakan perusahaan travel yang sudah terkenal di Jepang, didirikan sejak tahun 1980 dan telah memiliki 273 cabang di Jepang, juga 162 cabang di 113 kota dalam 55 negara global. Mesti coba tour ke Jepang dengan H.I.S. nih! Kebayang kan, flagship office H.I.S. saja berlokasi di Jepang, pasti penawarannya lengkap dan menarik! Buktinya aja, H.I.S bisa dengan mudah mengurus pembelian dan konsultasi cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik di Jepang.
Selain itu, H.I.S. juga memiliki kolaborasi dengan ANA (All Nippon Airways) dalam HAnavi yang menjadi transportasi pilihan untuk wisatawan asing yang ingin pergi ke Jepang. HAnavi juga menyediakan paket tiket pernerbangan domestik dan hotel dengan harga yang murah dan hemat waktu perjalanan berangkat dari Tokyo atau Osaka. Gimana? Nggak diragukan lagi, kan?




Jadi tunggu apa lagi? Mau menikmati pesona Sakura dan elemen-elemen budayanya? Atau tidak mau melewatkan momen musim semi di Jepang? H.I.S Travel Indonesia akan siap membantu mewujudkan mimpimu! :)
Yuk ikuti kompetisi menulis yang hadiahnya cuma buat 2 orang, siapa tau kita bisa sama-sama ketemu di Jepang guys!

Regards,
Saya yang tidak akan pernah berhenti bermimpi.


Referensi:
http://his-travel.co.id
http://www.jnto.or.id/
https://matcha-jp.com
http://www.tofugu.com
http://www.japan-guide.com
http://travelingyuk.com
http://travel.rakuten.co.id
http://japantourlist.com
https://id.wikipedia.org
http://liburankejepang.com
http://id.japantravel.com
http://www.infojepang.net
https://www.jalan2kejepang.com
http://www.panorama-tours.com
http://www.cheria-travel.com
http://www.japan-talk.com
http://www.papermuseum.jp
http://ikidane-nippon.com




3 komentar:

  1. good luckkk and set your goals straight! ;)

    BalasHapus
  2. Kalo ngomogin masalah jepang sih aku paling suka wisata alamnya.
    pokoknya yang belum banyak terjamah manusia gitu.
    tapi sedikit banget jasa travel yang menyediakan perjalanan yang aku mau,
    kebanyakan menyediakan tempat2 yang udah terkenal aja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itinerary versimu mungkin sedikit peminat, jadi kebanyakan travel ga masukin destinasi pilihan ke dalam list :p
      Di luar dari itu, Jepang tetap memesona kan ya? hehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.